Penyebab dan Cara Mengatasi Diare yang Cepat dan Tepat

Saat diare menyerang, Anda perlu tahu penyebab diare dan cara mengatasinya. Diare adalah suatu kondisi dimana tinja penderitanya menjadi encer dan dikeluarkan dengan frekuensi seperti BAB bahkan lebih sering. Umumnya, diare disebabkan oleh konsumsi makanan atau minuman yang sebelumnya telah terkontaminasi parasit, virus atau bakteri. Normalnya diare berlangsung dalam beberapa hari, tapi sebagian kasus ada yang sampai berminggu-minggu. 
foto:merdeka.com

Menurut riset, diare adalah masalah kesehatan terbesar di Indonesia yang ditemui pada semua umur. Jika dilihat dari kategori penyakit menular, gangguan perut ini menempati urutan ketiga pemicu kematian setelah TBC dan Pneumonia. Jika tidak diobati, diare dapat berakibat fatal karena penderitnya bisa kehilangan banyak cairan dar tubuh. Maka dari itu, diare tidak boleh dianggap penyakit enteng, walau umum terjadi.
Penyebab diare
Ada beberapa hal yang menjadi penyebab diare yang umumnya karena infeksi usus. Berikut ini faktor-faktor yang memicu diare :
Faktor psikologi : gelisah, stres atau terlalu banyak pikiran.
Efek samping penggunaan obat-obat tertentu
Akibat minuman beralkohol dan kopi yang berlebihan.
Setelah mengetahui penyebab diare dan cara mengatasinya yakni sebagai berikut :
Cara Mengatasi Diare
Mengkonsumsi banyak air
Karena saat diare tubuh akan kehilangan banyak cairan. Oleh karena itu penderita harus minum banyak air putih. Dokter biasanya akan memberikan oralit untuk mencegah dehidrasi pada tubuh. Pemakaiannya haruslah dibawah pengawasan dokter.
Minum obat anti diare
Obat anti diare juga dibutuhkan untuk mencegah agar tidak terus-menerus buang air besar. Tapi, sebenarnya obat ini tidak terlalu diperlukan jika tidak banyak aktivitas. Salah satu obat yang paling efektif dan cepat menghentikan diare adalah loperamide. Obat tersebut tidak diperbolehkan untuk anak-anak. Selain itu, ada obat anti diare lainnya yang dijual bebas dipasaran.
Sebagian besar diare sembuh dalam beberapa hari tanpa pengobatan khusus. Jika orang dewasa biasanya akan sembuh setelah 2-4 hari, sementara pada anak-anak diare bisa berlangsung lebih lama yakni 5-7 hari. Kalau diare tak kunjung sembuh dan malah bertambah parah, segera periksa ke dokter. Buang air besar karena diare sebanyak 6 kali dalam 24 jam pada anak-anak harus secepatnya dikonsultasikan ke dokter.
Begitu pula jika tubuh sudah lemas dan menunjukkan gejala dehidrasi maka langsung saja ke dokter. Nah, itulah penyebab diare dan cara mengatasinya yang tepat dan cepat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.